Langsung ke konten utama

GEGANA (GElisah-GAlau-meraNA)



danbo pun sepertinya lagi GEGANA (GElisah-GAlau-meraNA)

            Kata Gegana disini bukanlah nama sebuah satuan yang bertugas untuk menjinakkan bom di bawah naungan POLRI (polisi republik indonesia), melainkan singkatan yang digunakan oleh banyak kalangan muda yang mungkin bisa dikatakan kasmaran atau apalah namanya.
            Yang akan saya bahas kali ini adalah gegana (gelisah,galau,merana) mendengar tiga kata ini apa sih yang ada dibenak anda???...pastinya wah… klo gitu saya akan menerangkannya satu-satu (sok jadi orang yang berpengalaman gitu).
Ø Gelisah
Dalam kamus bahasa Indonesia arti gelisah itu tidak tenteram- selalu merasa khawatir (tt suasana hati)-tidak tenang (tt tidur)- tidak sabar lagi dl menanti dsb- cemas: semua penduduk -- mendengar desas-desus bahwa rumah mereka akan digusur; -- resah sangat gelisah; resah sekali; meng·ge·li·sahi v mengganggu: jangan bertamu sampai larut malam, nanti ~ tuan rumah;
meng·ge·li·sah·kan v 1 menimbulkan rasa gelisah; menyebabkan gelisah; mencemaskan: berjangkitnya penyakit kolera eltor akhir-akhir ini ~ masyarakat; 2 mengkhawatirkan; merasa gelisah akan: ia ~ orang tuanya yg tidak datang-datang juga; ke·ge·li·sah·an n perasaan gelisah; kekhawatiran; kecemasan: berita penggusuran selalu menimbulkan ~ masyarakat
                       
Melihat dari kata-kata tersebut dapat di simpulkan hati orang pada saat kasmaran atau terkena panah asmara, sebagai berikut :
o   Apa yang sebenarnya kurasakan…??
o   Diakah yang kucari..???
o   Bagaimana caranya meyakinkan perasaanku…???
o   Ada apa dengan hatiku..???
o   Yakinkan aku tentang rasa yang ada kini
o   Jelaskan padaku arti gelisah ini.
o   Pastikan aku untuk jawab pada raguku Cinta…
o   Benarkah indah…???
o   Cinta…
o   Begitu berhargakah..???
o   Cinta…
o   Inikah jawabannya…????
o   Selalu ada tanya di kalbu terdalamku…
Hahahha… rasanya geli sendiri menulis kata –kata itu….

Ø  Galau
Kata yang satu ini sangat lah popular jika dibandingkan dengan 2 kata yang akan saya bahas kali ini (walaupun semuanya memiliki hubungan kata ) Tentu banyak yang menyimpan definisi pribadi tentang kata galau. Perputaran topik perbincangan masalah satu ini di media-media sosial sangatlah cair dan riuh. Dari sekadar curahan hati  hingga tulisan puitis berbentuk prosa, banyak orang mendefinisikan galau sebagai sebuah bentuk perasaan yang kurang nyaman, sedih, gelisah, menyesal, bingung, dan sebagainya. Tapi, apa definisi sebenarnya kata “galau”?

ga·lau a, ber·ga·lau a sibuk beramai-ramai; ramai sekali; kacau tidak keruan (pikiran);
ke·ga·lau·an n sifat (keadaan hal) galau
dari bahan referensi kamus di atas, bisa saya simpulkan sementara bahwa pada kenyataannya, galau lebih dekat artinya dengan kegiatan beramai-ramai, atau dalam kamus disebut “sibuk beramai-ramai”. Galau digolongkan sebagai adjektiva, artinya kata sifat yang biasanya ikut pada sebuah subjek berupa nomina. Sedangkan, satu-satunya pengertian yang menyangkut kondisi psikologis, adalah keadaan “kacau tidak keruan” yang lebih tepat dirujuk kepada keadaan pikiran.
Secara bahasa,  galau disejajarkan artinya dengan keadaan mental sementara yang tidak tenang, sedih, dan sebagainya seperti selama ini kita dengar dari banyak media. Hanya saja, pemekaran arti lain yang dalam kamus lebih diutamakan, bisa dipahami sebagai bagian dari pemaknaan kata.
galau tetaplah diartikan sebagai sedih, gelisah, bingung, bimbang, dan sebagainya, tidak masalah. Asalkan publik jadi lebih tahu, bahwa secara definitif, galau itu artinya “sibuk beramai-ramai”.
Ø  Merana

1. lama menderita sakit: sakit --;source: kbbi3
2. selalu sakit-sakit; makin lama makin kurus: badannya --;source: kbbi3
3. selalu menderita sedih (susah dsb): hati --; pikiran --
Saya dapat menyimpulkan kata diatas kata merana = sakit yang teramat sakit, hahahah…kata orang yang lagi ngalamin, penyebab merana sih banyak, ada yang disebabkan karena   sakit tubuh ada pula yang disebabkan karena sakit hati (klo sakit hati jangan di hiraukan aja coz masih banyak yang lain kok.)
            Dari ketiga kata dia atas dapat disimpulkan klo gegana itu penyakit yang berhubungan dengan penyakit kebatinan atau mental yang sedang sakit, entah karena apa penyebabnya?
            Dan juga kebanyakan anak muda yang lagi putus cinta yang alami gegana itu dan tak luput juga klo orang tua juga kadang mengalaminya seperti lagu yang dangdut berjudul“Abg Tua”…hehehhehe, udah dulu yah karena panggilan Allah (Adzan) lebih penting daripada ngeblog…

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

BIOGRAFI ANDI MAKKASAU

BIOGRAFI ANDI MAKKASAU             “Kementerian Sosial   segera mengajukan 10 nama tokoh yang telah diseleksi untuk memperoleh gelar pahlawan nasional kepada Dewan Gelar, Tanda Kehormatan, dan Tanda Jasa. Satu di antaranya, berasal dari Sulsel, yakni, Andi Makkasau .” Pada saat membaca sebuah paragraph diatas di salah satu media saya jadi berminat mencari biografi salah satu calon penerima gelar pahlawan tersebut. Dan Pada postingan blog saya kali ini saya akan membahas secara singkat tentang biografi Andi makkasau… Sampul oleh : Sabriah Hasan/Penerbit : Ombak Andi Makkasau putera satu-satunya Parenrengi Karaeng Tinggimae adalah seorang bangsawan tinggi, ayahnya Ishak Manggabarani Karaeng Mangeppe, keturunan langsung dari dua kerajaan utama di Sulawesi yaitu kerajaan Gowa dan kerajaan Sinderang. Andi Makkasau dibesarkan dan dididik dalam lingkugan keluarga istana Datu Suppa, terutama pendidikan agama Islam serta pendidikan etika, moral dan lainnya sebagaimana l

MENGENAL SOSOK “KEVIN (HOME ALONE)” SEKARANG

Waktu SD hingga sekarang film anak “Home Alone” entah berapa puluh kali di tayangkan. jika anda penggemar film ini pasti sudah tidak asing lagi dengan sosok bocah yang menjadi pemeran utama didalam film tersebut yaitu “Kevin” Selain lucu dan menggemaskan, bocah tersebut juga cerdik didalam mengerjai para penjahat sehingga tak heran apabila film ini selalu menjadi favorit bagi pemirsa dan selalu diputar berulang-ulang dilayar kaca setiap memasuki liburan natal dan tahun baru. Film ini sebenarnya diproduksi atau dirilis pertama kali pada 16 november 1990, dan mendapatkan sambutan yang sangat luar biasa.film ini juga digemari oleh anak – anak zaman sekarang. Namun yang menjadi perhatian adalah bocah pemeran utama didalam film tersebut yang diperankan oleh Macaulay Carson Culkin, dimana pada film tersebut dia berperan sebagai Kevin McCallister yaitu bocah kecil yang cerdik. Pria yang lahir pada 26 Agustus 1980 ini sangat lucu dan mengemaskan ketika membintai film “Home Alone”, d

5 Bendera Negara lain yang mirip dengan Bendera Negara Republik Indonesia.

  Bendera Negara Kesatuan Republik Indonesia Di belahan dunia ini terdapaat banyak corak Bendera Negara yang berbeda. Selain itu bendera juga menjadi   symbol kedaulatan sebuah Negara maupun unite(gabungan). dari banyaknya   negara yang ada di dunia ini, terdapat beberapa di antaranya yang punya bendera yang serupa tetapi tak sama dengan bendera Merah Putih milik negara kesatuan Republik Indonesia. Kesamaannya antara lain baik karena posisinya, warnanya, dan masih banyak lagi. Negara Apa sajakah itu? Mari kita lihat beberapa negara yang punya bendera negara yang memiliki kesamaan dan perbedaan dengan Bendera Negara kita yang tercinta ini : 1. Bendera Negara Monaco Bendera monaco terdiri juga dari merah dan putih, bendera ini sangat mirip dengan bendera indonesia. Cuma Hanya skala yang membedakannya, di mana indonesia perbandingan panjang dan lebarnya adalah tiga banding dua (3:2), sedangkan monako lima berbanding empat (5:4). Dari sejarah bendera merah